Friday, June 5, 2009

Malu-Malu Kucing

Kemaren saya beli nasi bungkus di sebelah percetakan. Saya bilang sama ibu-ibunya : Jangan pake kresek ya, Bu.

FYI. Saya benci kresek, plastik, dsb kalo itu ga penting-penting amat. Karna ujung-ujungnya kita bakal ngebuang sampah unrenewable itu bahkan sebelum mereka kotor !

Si ibu menjawab : Jangan neng, malu mamawa nasi bungkus gitu.

Saya : sayang bu kreseknya. Deket da cuma ke sebelah.

Si ibu : udah gapapa (sambil menaruh nasi bungkus ke dalam kresek)

saya : jangan bu serius.

Si ibu : (tampak kesal) Udah neng,nih! (ngasih bungkusannya)

Saya kesel tapi yaudah dari pada jadi masalah saya ngalah.

Terus saya jajan ke warung di sebelahnya.

Ada pembantu beli 1 bungkus mie instan.
Si tukang warung tiis ngasih kembaliannya tanpa ngasih kresek.

Si pembantu mengernyit : Bu, mana kreseknya?

Si tukang warung ikut mengernyit : Mau pk kresek mba gitu doang?

Si pembantu masang muka sebel : Yaiyalah. MALU bu bawa2 indomie ga pake kresek.

Si tukang warung ikutan sebel : Ngapain malu mba?

Si pembantu : ntar kan ngelewat tukang ojeg dpan sana, bu. Udah bu,kresek doang apa susahnya?

Si tukang warung kekeuh tapi takut kehilangan pelanggan. Akhirnya dia ngalah sambil ngedumel dalem hati. Si pembantu pun pergi dgn wajah ceria sambil mengayunkan kresek yang sejak awal telah diidamkannya itu.

Malu malu malu malu.
Ternyata orang Indonesia punya rasa malu yang besar ya untuk banyak hal sepele.

Malu bawa belanjaan ringan tanpa kresek, malu bertanya, malu belajar, malu ga punya uang, malu naik angkot, malu makan di pinggir jalan, malu malu malu. Malu-maluin !

Kenapa kita ga pernah malu untuk banyak hal lain yg lebih penting?

Malu korupsi? Malu berbohong? Malu membantah guru dan orang tua? Malu pake baju bolong dimana-mana? Malu berbuat salah? Malu nyontek? Malu punya utang? Malu untuk hal yang emang kita mesti malu !

Yah inti yg pengen saya sampein mah cuma masalah lingkungannya aja sih. Plastik itu sampah yang butuh waktu bertahun-tahun buat lebur sama tanah. Buat beli jajanan kecil, alat tulis, buku, chiki, dll bisa gausah pake kresek kan? Kalo MALU, bawa kresek dari rumah. Atau buat cewe, bawa tas-tas dr krtas tissue yang ada tulisan "Go Green!" atau "Save Our Planet" atau apapun itu. Yah,tp kalo buat beli daging sapi di pasar saya sarankan jangan pake tas itu.

Bumi kita udah makin rusak! Saya tau kita semua udah bosen denger ini. Tapi kenapa yang bertindak cuma sedikit?
Ga harus ikutan Greenpeace ko buat nyelamatin bumi kita.
Dari hal sepele doang kaya ngurangin pmakaian kresek tadi.

Sepele tapi jarang banget yang ngelakuin.

Yaaa dampaknya ntar buat anak cucu kita (bahkan kita udah kena dampaknya!) . Tega liat cucu yg kita sayangin ga punya tempat hidup yang baik nanti di bumi? Walaupun saya yakin ada yg jawab "Ya itu urusan generasi mereka" Tapi pikirin aja, bukan ga mungkin gosip kiamat 2012 itu bener mengingat bumi yang kita tinggalin sebenarnya masih layak huni ga sih?

Ayo sama-sama selamatkan bumi kita. Karena sejuta penyelamat bumi bisa berawal dari satu orang iseng yang benci kresek.

No comments: