Friday, April 10, 2009

Indonesian People Move Too Slooww

di suatu Minggu, sepulang mengikuti Try Out UM-UGM di Ganesha Operation, saya dan Tyas memutuskan untuk belajar bareng di Ngopi Doeloe jalan Purnawarman.

Nah, di perjalanan saya mengalami sebuah kejadian yang jadi pikiran saya sampai saat ini.

Turun dari angkot Dago di perempatan, saya dan Tyas jalan kaki di pinggir jalan Merdeka.

Ada dua orang bule yang sama-sama jalan di sana.

Sialnya, saya dan Tyas tepat di depan mereka.

Baru jalan kurang dari 5meter,mereka udah nyusul saya dan Tyas. Sambil nyalip, kedengeran mereka bilang,

"Indonesian people move too slow"

dengan logat British yang cukup kental.

Saya dan Tyas cuma bisa melongo karena merasa kalo jalan kita ga lambat-lambat amat ah.

Dulu waktu SMP, saya biasa jalan cepet, tapi temen-temen saya sering ngejek saya dikejar setan dsb. Saya jadi kebiasa jalan lambat, dan sekarang-sekarang, ukuran segitu udah dianggap normal karena hampir semua orang baik di sekolah maupun di jalanan, jalan dengan kecepatan segitu.

Trus Tyas cerita,waktu dia jalan-jalan ke ITB, hampir semua orang jalan dengan kecepatan jalan bule tadi.

Wah, ko bisa gitu ya?

Saya baru tadi mengambil kesimpulan : kecepatan mobilitas seseorang dari suatu ke tempat lain mungkin menggambarkan kecepatan mobilitas di segala bidang kehidupannya.

kenapa Indonesia lama majunya? karena penduduknya jalan lambat kayanya.

No comments: