Friday, April 10, 2009

Kalo Emang Ngga Mau Kenapa Dipilih?

Saya lagi sering denger temen-temen saya nanya "Diambil ga tha UI nya?"

Satu yang saya pikirin pas jawab pertanyaan mereka : bingung.

Kenapa bingung?

Soalnya cukup jelas, kan. Saya ambil jurusan Sastra Indonesia di Universitas Indonesia karena saya pengen. Jadi kalo keterima, ya saya ambil laaah.

Pengumuman UI tanggal 4 April 2009, tes UGM besoknya di Jakarta.

Tas, uang, cemilan,baju, alat tulis, udah saya siapin buat tes UGM besoknya. Tapi karena saya keterima UI, saya langsung ngebatalin kepergian saya ke Jakarta.

Dan ngga kalah banyak yang nanya "Ihhh,knp ga jd tes UGM nya? Kan sayaaang.Udah bayar uang pndaftaran,udah blablabla"

Tau ngga, kalo UGM udah ngeblacklist kota Bandung?

Kenapa?

Karena terlalu sering dan terlalu banyak siswa SMA di Bandung yang keterima UGM (lewat jalur apapun) dan ngga ngambil.

Kenapa ga diambil?
Karena ternyata keterima di ITB,
karena ternyata cuma keterima di pilihan kedua,
karena ternyata ga boleh di luar kota,
karena ternyata blablabla.

Dan kebanyakan dari mereka bangga.
"Saya keterima di situ di sini di sana,tp ga diambil.Hehehe"

Kalo swasta mah,saya ga mau nyalahin banyak orang yang ngejadiin tes-tes itu buat jadi cadangan doang.
Tapi UI , ITB, UGM, UNDIP, dll. aduuuh. di luar sana, di seluruh Indonesia, banyaaaaak banget yang rela mengorbankan apapun demi jadi mahasiswa PTN-PTN tadi.
Tapi segelintir orang dengan santainya menjadikan SIMAK UI, UM UGM, USM ITB, sebagai ajang TRY OUT belaka.
Memilih jurusan yang mereka tau ga akan mereka ambil walaupun keterima.
Mereka merasa sayang kalau cuma memilih 1 jurusan.

Banyak teman saya yang menangis.
Menangis karena perjuangan mereka berbuah kegagalan.
Padahal mungkin, kalau orang-orang di luar sana ngga hobi TRY OUT sana sini, teman-teman saya yang menangis tadi akan tertawa sekarang.

No comments: